a).
Piaget
Menurut Jean Piaget (1975) salah
seorang penganut aliran kognitif yang kuat, bahwa proses belajar
sebenarnya terdiri dari tiga tahapan, yakni 1). Asimilasi, 2). Akomodasi,
dan 3). Equilibrasi (penyeimbangan). Proses asimilasi adalah proses
penyatuan (pengintegrasian) informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada
dalam benak siswa. Akomodasi adalah penyesuaian struktur kognitif ke dalam
situasi yang baru. Equilibrasi adalah penyesuain berkesinambungan antara
asimilasi dan akomodasi.
b).
Ausubel
Ausubel percaya bahwa “advance organizer” dapat
memberikan tiga manfaat;
1). Dapat menyediakan suatu kerangka
konseptual untuk materi belajar yang akan dipelajari oleh siswa.
2). Dapat berfungsi sebagai jembatan
antara apa yang sedang dipelajari siswa saat ini dengan apa yang akan
dipelajari siswa, sedemikian rupa sehingga;
3). Mampu membantu siswa untuk memahami
bahan belajar secara lebih mudah.
c).
Bruner
Menurut pandangan Brunner (1964) bahwa teori
belajar itu bersifat deskriptif, sedangkan teori pembelajaran itu
bersifat preskriptif. Misalnya, teori penjumlahan, sedangkan teori
pembelajaran menguraikan bagaimana cara mengajarkan penjumlahan.
0 komentar:
Posting Komentar