Selasa, 21 Mei 2013

Promosikan Karakter Apa Yang Akan Dibentuk



Pendidikan karakter harus diawali dari promosi nilai-nilai dasar etika sebagai basis karakter. Pendidikan karakter beranggapan bahwa nilai-nilai inti etika seperti kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain, mampu membentuk dasar karakter positif. 
Sebuah sekolah yang berkomitmen untuk pembangunan karakter berdasarkan nilai-nilai tadi harus mendefinisikan karakter sebagai perilaku yang dapat diamati dalam kehidupan sekolah, membuat model dari nilai-nilai tersebut, mengkaji dan mendiskusikannya,  menggunakannya sebagai dasar hubungan dengan sesama di sekolah, merayakan manifestasinya di sekolah dan masyarakat, dan memastikan semua komponen sekolah bertanggung jawab untuk standar-standar perilaku sesuai dengan nilai-nilai inti tadi.

Dalam sebuah sekolah yang berkomitmen untuk mengembangkan karakter, nilai-nilai inti ini dianggap sebagai suatu hal yang wajib, seperti yang diklaim pada hati nurani setiap individu dan masyarakat. Pendidikan karakter menegaskan bahwa  keabsahan nilai-nilai ini, dan tanggung jawab sekolah untuk menegakkannnya, berasal dari fakta bahwa nilai-nilai semacam itu  menguatkan  martabat kemanusiaan, mendorong pembangunan dan kesejahteraan setiap orang, melayani masyarakat, dan menginformasikan hak-hak dan tanggung jawab siswa dalam suatu masyarakat yang demokratis. Sekolah harus memastikan bahwa nilai-nilai dasar ke manusiaan ini  melampaui perbedaan agama dan budaya, dan menegaskan nilai-nilai universal kemanusiaan.

0 komentar:

 
Design by Fauzan Ihsan Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons