Selasa, 21 Mei 2013

Kurikulum Yang Meng-Karakter-kan



Yang dibahas dalam posting ini adalah merumuskan kurikulum yang bermakna dan menantang bagi para siswa.

Pendidikan karakter kemudian memerlukan adanya kurikulum pembelajaran yang bermakna dan menantang yang menghargai semua siswa, membangun karakter mereka dan membantu mereka untuk sukses.  Ketika siswa berhasil dalam tugas  sekolah dan merasakan  adanya kompetensi dan otonomi, mereka lebih mungkin untuk merasa dihargai dan diperhatikan sebagai seorang individu.


Karena para siswa datang ke sekolah dengan beragam keterampilan, minat dan kebutuhan, sebuah program pendidikan yang membantu semua siswa untuk berhasil akan menyatu dengan isi dan pedagogi yang cukup canggih untuk melibatkan semua peserta didik. Ini berarti sekolah memberikan  kurikulum yang secara inheren menarik dan bermakna kepada siswa. Sebuah  kurikulum bermakna memuat metode  pembelajaran dan pengajaran aktif seperti belajar kelompok, pendekatan pemecahan masalah, dan tugas berbasis pengalaman.

Pendekatan-pendekatan-pendekatan ini dipercaya mampu meningkatkan otonomi  siswa dengan menarik minat siswa, memberikan kesempatan untuk berpikir kreatif dan menguji ide-ide mereka, dan mendorong rasa memiliki "suara dan pilihan"  dalam rencana dan keputusan yang mempengaruhi mereka.

Selain itu, guru sebagai pengajar karakter yang efektif mencari interseksi alamiah antara muatan akademik yang  ingin mereka ajarkan dan kualitas karakter  yang ingin mereka  kembangkan. Hubungan-hubungan karakter ini  dapat mengambil berbagai bentuk, seperti dengan menangani masalah-masa isu-isu terkini dalam  etika dalam sains, perdebatan tentang praktek dan keputusan sejarah, dan diskusi tentang dilema karakter dan etika dalam sastra. Ketika para guru mengembangkan dimensi karakter dari kurikulum, mereka meningkatkan relevansi isi pelajaran dengan minat dan pertanyaan alami siswa, dan dalam prosesnya, meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa.

0 komentar:

 
Design by Fauzan Ihsan Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons