Selasa, 21 Mei 2013

Cara Menerapkan Pendidikan Karakter



Pendidikan Karakter makin ramai dibicarakan. Ini adalah kabar menarik dan menggemberikan. Pembicaraan pendidikan karakter di sekolah mulai merambah pada tataran operasional dengan mengintegrasikannya ke dalam semua mata pelajaran. Kini semua guru dituntut untuk mencantumkan target pembentukan karakter yang relevan dengan mata pelajarannya dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun.


Ada satu hal mendasar yang ingin digarisbawahi dalam artikel Blog Pendidikan Karakter kali ini. Adalah pentingnya pemahaman konsep yang benar dan utuh tentang pendidikan karakter sebelum mengaplikasikannya. Bila tidak, maka penerapan pendidikan karakter tidak akan memiliki rasionalitas yang kuat sehingga akhirnya hanya bersifat instan, tidak mengakar. Selain pemahaman konsep juga sangat penting memahami prinsip-prinsip dasar penerapan pendidikan karakter agar pendidikan karakter dipastikan efektif, bukan sekadar sebuah gerakan dan kesadaran yang reaktif.

Dalam konteks tersebut Blog Pendidikan Karakter telah menurunkan tulisan tentang 11 Prinsip Penerapan Pendidikan Karakter. Bila Anda belum membacanya, kemudian lanjutkan membaca artikel ini. Melalui artikel ini, kesebelas prinsip tersebut akan diuraikan sehingga semakin jelas langkah demi langkah yang harus ditempuh dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah.

0 komentar:

 
Design by Fauzan Ihsan Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons