Selasa, 21 Mei 2013

Beri Kesempatan Siswa Untuk Berkarakter



Pendidikan karakter dilaksanakan dengan paradigma konstruktivisme.  Sekolah memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan perilaku yang baik. Secara etis dan intelektual  para siswa adalah pembelajar  yang konstruktif, mereka belajar sangat baik dengan cara mempraktekkan.
Untuk mengembangkan karakter yang baik, mereka perlu banyak dan beragam kesempatan untuk menerapkan nilai-nilai seperti belas kasihan, tanggung jawab, dan keadilan dalam interaksi sehari-hari dan diskusi sebaik mungkin melalui layanan komunitas sekolah.

Melalui pergulatan dengan tantangan nyata kehidupan seperti bagaimana cara membagi tugas di sebuah kelompok belajar, bagaimana untuk mencapai kesepakatan dalam rapat kelas, bagaimana cara untuk mengurangi perkelahian di tempat bermain, bagaimana cara melaksanakan tugas layanan belajar, dan refleksi dari pengalaman tersebut, para siswa mengembangkan pemahaman praktis tentang bekerja sama dengan orang lain. Melalui pengalaman moral yang berulang-ulang, para siswa mengembangkan dan mempraktekkan keterampilan dan kebiasaan yang membentuk tindakan berkarakter.

0 komentar:

 
Design by Fauzan Ihsan Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons