Sabtu, 17 November 2012

BLC (Building Learning Commitment) 1


For what ?
1.      Mengenal diri dan mengenal orang lain
2.      dengan lebih baik.
3.      Menjalin komunikasi yang harmonis
4.      Membangun kebersamaan dan rasa percaya diri.
5.      Merumuskan komitmen belajar

Manfaat
Manfaat bagi peserta diklat adl. terciptanya kondisi kesediaan peserta utk memulai pembelajaran dg konsdisi sosio-emosional yg kondusif dg mengenal kekuatan & kelemahan dirinya dlm belajar, menghindari & mengurangi kebiasaan & perilaku yg kurang menguntungkan dlm belajar. Komitmen bersama ini disepakati, dipatuhi, dlm pelaks kegiatan pembelajaran. Bila ada peserta  melanggar, peserta lain akan mengingatkan.

kompetensi dasar :
Pada akhir pembelajaran peserta diharapkan mampu merumuskan comitmen pembelajaran (learning comitmen) yg disepakati & dipatuhi bersama selama diklat berlangsung.

Indikator Keberhasilan
a.       Mengidentifikasi minimal tiga kebiasaan  baik dan tiga kebiasaan kurang baik dlm belajar.
b.      Mengkomunikasikan kebiasaan tersebut kepada peserta lain dlm kelompok secara jujur & terbuka
c.       Bersama teman lain dlm kelompok merumuskan komitmen pembelajaran kelompok
d.      Bersama teman lain dlm kelas berpartisipasi merumuskan komitmen bersama utk ditaati selama diklat berlangsung

Kegiatan
1.      Mengenal diri dan orang lain.
2.      Ice breaking
3.      Merumuskan komitment belajar
4.      Membentuk organisasi kelas

Tahapan Membangun Komitmen Belajar
         Ice Breaking
         Mengenal Diri sendiri dan Orang Lain
         Merumuskan Harapan Peserta  ( Terhadap Materi, Widyaiswara, sesama Peserta)
         Menggidentifikasi Gaya Belajar sendiri dan orang lain
         Merumuskan komitmen Belajar

Tipe Manusia Dalam Mengenal Dirinya
Ø      Saya tahu bahwa saya tahu
Ø      Saya tahu bahwa saya tidak tahu
Ø      Saya tidak tahu bahwa saya tahu
Ø      Saya tidak tahu bahwa saya tidak tahu.

Makna kegiatan perkenalan
·        Lebih akrab
·        Lebih mengenal sesama peserta
·        Mengetahui kemampuan ingatan kita
·        Meningkatkan social quotient
·        Dapat bermakna praktek

0 komentar:

 
Design by Fauzan Ihsan Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons