Sabtu, 17 November 2012

BLC (Building Learning Commitment) 2


Mengenal Diri Sendiri dan Orang Lain
         Pada bagian tengah kertas gambarlah suatu gambar yang mencerminkan diri sendiri
         Pada bagian kanan atas, tuliskan perilaku positip dan kiri atas dengan perilaku negatip
         Pada bagian kiri bawah, tuliskan cara belajar yang disukai dan pada kanan bawah cara belajar yang tidak disukai
         Pada bagian tengah bawah tulis hobby

Pengenalan diri sendiri berarti mengetahui dan memahami dirinya sendiri baik mengenai potensi yang dimiliki maupun cara – cara memberdayakan dan mengembangkan potensinya tersebut.

Mengenal Diri Sendiri
- Positif
         Senang membantu
         Jujur
         Rajin dan ulet
- Negatif
         Mudah tersinggung
         Pendendam
         Mudah putus asa

Pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak saying”. Kalau tak sayang pada orang lain, bagaimana bisa hidup enak dalam kelompok
·        Dalam pengenalan diri lebih banyak mencari tahu kelemahan dirinya.
·        Dalam pengenalan orang lain sebaiknya lebih banyak mengenali sisi positifnya agar cepat menyesuaikan diri.

Peran kita :
·        Konselor
·        Fasilitator
·        Penggerak
·        Dinamisator
·        Motivator
·        Dsb.

Komunikasi
·        Proses dua arah yang menghasilkan transmisi informasi dan pengertian antara masing-masing individu yang terlibat. (Kossen, 1986).
·        Bila kita berkomunikasi berarti membagi informasi, ide, gagasan atau sikap pada orang lain. (Wilber Schramm)

Lima Unsur Komunikasi
1.      Komunikator.
2.      Ide, gagasan, informasi, pesan.
3.      Media/ sarana.
4.      Komunikan.
5.      Umpan balik berupa respon komunikan.

Sebab-Sebab Mis-Komunikasi
·        Faktor intrapersonal yaitu adanya perbedaan individual antara komunika- tor dg. Komunikan, meliputi : persepsi, ketrampilan komuni, acuan
·        Faktor interpersonal, meliputi : iklim hubungan, kepercayaan, kredibilitas.
·        Faktor organisasional, meliputi : status/ kedudukan, jenjang transmisi birokratis.
·        Faktor teknologis, seperti penggunaan bahasa, penggunaan media.

Komunikasi Efektif
1. Clear ( jelas ).
2. Complete (lengkap)
3. Concise ( ringkas )
4. Correct ( benar )
5. Corteous ( sopan )

Kebutuhan Manusia (Maslow)
1.      Kebutuhan Fisiologis.
2.      Kebutuhan rasa aman.
3.      Kebutuhan sosial.
4.      Kebutuhan untuk dihargai.
5.      Actualisasi diri

Norma Kelompok
Norma adalah nilai-nilai yang menjadi dasar perilaku kelompok agar kehidupan kelompok berlangsung dengan harmonis.

Sosok Ideal
1. Bertanggung jawab
2. Disiplin
3. Kreatif- inovatif
4. Bermanfaat
5. Kerjasama
6. Sabar.
7. Jujur
8. Rendah hati
9. Sederhana
10. Bijaksana
11. dsb.

Perilaku Berorientasi Tugas
·        Mengambil inisiatif
·        Mencari informasi
·        Mengumpulkan pendapat
·        Memberikan informasi
·        Mencari pendapat
·        Mengolah informasi
·        Mengkoordinasikan
·        Menyimpulkan.

0 komentar:

 
Design by Fauzan Ihsan Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons